Petahana Sudah Menangkan Satu Tahapan yang Sangat Penting

Petahana Sudah Menangkan Satu Tahapan yang Sangat Penting

- in Opini
0
0

Demi kompetisi sutinah sisakan dua partai untuk petahana. Judul berita salah satu media online beberapa bulan lalu ini, menjadi trending topik pembahasan netizen di dunia maya maupun para penggiat politik di meja-meja warung kopi kala itu.

Pernyataan ini tentu saja memantik optimisme di tim pemenangan penantang sekaligus upaya untuk meraih simpati dari calon pemilih. Dan atas nama strategi, taktik dan siasat, ini sesuatu yang halal dalam konteks kontestasi.

Gertakan yang dilakukan itu, efektif merubah konstelasi dan menuai berbagai respon di masyarakat. Opini publik dikuasai penantang, dengan narasi didukung sebagian besar orang-orang di ‘parlemen’. Esensinya adalah, betapa pentingnya dukungan banyak partai dalam sebuah kontestasi pilkada.

Kubu petahana tidak terpancing dengan mainan issue itu. Bertahan sembari mengamati perkembangan situasi, menjadi pilihan strategi tepat . Insting politiknya mengisyaratkan situasi masih aman, tunggulah sampai waktunya tepat untuk bergerak.

Habsi tahu betul, perburuan dukungan partai politik merupakan salah satu fase yang paling krusial dalam kontestasi pemilihan kepala daerah. Kemenangan di tahap ini, akan memudahkan untuk menang di tahap akhir, yakni hari pencoblosan.

Berhasil meraih dukungan partai akan meningkatkan personal branding kandidat, bahwa ia terpercaya, punya relasi di elit partai dan akan berdampak positif pada elektabilitas.

Dalam fase ini, habsi telah mengimplementasikan taktik perang Sun Tzu, ‘buat lawan kelelahan sambil menghemat tenaga, lalu bergerak dalam diam dan ketika jatuh seperti petir’.

Konstruksi issue yang terlalu dini, telah menjebak kubu penantang. Mereka kehilangan konsistensi dan determinan ditengah perjalanan. Tiga partai yang sebelumnya dalam klaim mereka, yakni, Golkar, PAN dan PPP, kini kokoh berdiri bersama barisan koalisi kerakyatan yang mendukung petahana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Aktris Nia Ramadhani dan Suaminya Ditangkap Terkait Narkoba

SuloSulbar.Net — Aktris Nia Ramadhani dan suaminya Ardi