Forum Genre Sulbar Hadirkan Sekolah Genre di Tenda Pengungsian

Forum Genre Sulbar Hadirkan Sekolah Genre di Tenda Pengungsian

- in Berita, Majene, Mamuju, Sulbar
0
0

 

SuloSulbar.Net, Mamuju – Masa pemulihan gempa Mamuju-Majene, Forum genre Sulbar menghadirkan sekolah Genre dibawah tenda pengungsian. Mereka mendatangi para Remaja penyintas gempa untuk mengedukasi dengan suasana yang menyenangkan. Sekolah Genre kali ini dilaksanakan di Kec Malunda tepatnya di SMPN 1 Malunda pada Kamis (04/03/2021).

Menurut ketua Forum Genre Sulbar Tamin, saat diwawancarai Mengatakan, ide awalnya adalah keresahannya terhadap para Remaja yang 1 tahun terakhir sejak pandemi Covid-19 diawal tahun 2020 tidak bersekolah secara tatap muka melainkan online. Remaja tidak merasakan aktifitas sosial secara langsung. Ditambah adanya Gempa diawal tahun 2021 tentu  menambah pilu atau bahkan ada Remaja yang stres.

Oleh karenanya Forum Genre Sulawesi Barat berinisiatif membuat program Sekolah Genre untuk Remaja Penyintas Gempa Mamuju-Majene  dengan mengusung Tema ‘Sekolah hadir Berbagi dan Belajar’ untuk membantu Remaja kembali merasakan belajar, membangun mental positif, bersosialisasi dan mengasah Kreatifitas dengan suasana yang menyenangkan dibawah tenda pengungsian, tentunya mematuhi protokol kesehatan.

“Kami hadir untuk belajar bersama dengan suasana yang menyenangkan tentu harapannya adalah mental mereka kembali positif dan kembali bersosialisasi ditengah masyarakat.  Di akhir Sesi kami memberikan bingkisan dari donasi Yayasan Genre Indonesia” Ujar Tamin Ketua Forum Genre Sulbar.

Ada 3 poin materi yang disampaikan yaitu, Jadi Generasi Berencana, Genre Siaga Bencana, dan Genre zero to hero. Para relawan pengajar berasal dari pengurus Forum Genren sulbar yang sebelumnya telah dilatih menjadi Relawan dan fasilitator remaja.

Heri salah satu peserta menuturkan bahwa kegiatan tersebut sangat menyenangkan dan mudah dipahami karna cara belajarnya dikemas dengan gembira, bermain dan kerja kelompok. Selain itu materi dan metode yang diberikan jarang didapatkan dibangku sekolah Formal.

Selain kegiatan Sekolah Genre Forum genre Sulbar juga mengadakan kegiatan Psikososial untuk anak-anak di pengungsian yang berjalan bersamaan dengan sekolah genre ditempat yang berbeda.

Kegiatan sekolah genre sendiri telah terlaksana dibeberapa titik pengungsian seperti dikecamatan Mamuju, Simboro, Tapalang dan Malunda. Rencananya Sekolah Genre kedapan bukan hanya diperuntukkan bagi Remaja penyintas gempa tapi akan terus berlanjut mendatangi Remaja dipelosok-pelosok Desa di Provinsi Sulawesi Barat yang kurang mendapatkan akses belajar baik luring maupun daring. (IAM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Aktris Nia Ramadhani dan Suaminya Ditangkap Terkait Narkoba

SuloSulbar.Net — Aktris Nia Ramadhani dan suaminya Ardi